Kamis, 24 September 2015

Jumlah Korban di Mina , Arab Saudi Mencapai 717 Jamaah Meninggal

Kurang Lebih Jamaah tewas mencapai 717 pada hari Kamis Mekkah sedangkan pemerintah Saudi mengatakan, bencana tersebut merupakan bencana ibadah haji terburuk tahunan dalam 25 tahun.

Setidaknya 863 lainnya luka-luka di Mina, yang terletak beberapa kilometer sebelah timur dari Mekah, ketika dua kelompok besar jamaah tiba bersama-sama di persimpangan jalan dalam perjalanan mereka akan melakukan "lempar jumroh". Bencana Kamis adalah yang terburuk terjadi pada ibadah haji sejak Juli 1990, ketika 1.426 jamaah mati di sebuah terowongan dekat Mekkah. ini dikarenakan desak-desakan terjadi pada Idul Adha (Hari Raya Kurban), 

Foto-foto yang dipublikasikan di Twitter feed dari pertahanan sipil Saudi pada hari Kamis menunjukkan peziarah berbaring di tandu sementara pekerja darurat di mengangkat mereka dengan ambulans. Gambar lain menunjukkan mayat laki-laki dalam pakaian haji putih ditumpuk di atas satu sama lain. Beberapa mayat terlihat ada luka.  Keamanan selama haji adalah masalah politik yang sensitif untuk kerajaan yang berkuasa dinasti Al Saud,  Pangeran  Arab Saudi dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Mohammed bin Nayef bin Abdelaziz memerintahkan sebuah komite yang akan dibentuk untuk menyelidiki bencana dan menyajikan temuannya kepada Raja Salman, kata Kementerian Dalam Negeri.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar